Persiapan Pelaksanaan Kurikulum 2013

Posted on April 7, 2013 · Posted in News

Pada tanggal 6 April 2013, Sekolah Karangturi mengadakan Seminar Persiapan Pelaksanaan Kurikulum di Hotel Dafam Semarang. Dalam seminar ini kita dipandu oleh Bp. Dr.Herry Widyastono, APU ( Kepala Bidang Kurikulum dan Perbukuan Pendidikan di PUSAT KURIKULUM DAN PERBUKUAN BALITBANG KEMDIKBUD).

Kurikulum 2013 direncanakan akan dilaksanakan pada tahun ajaran 2013/2014 pada kelas I, IV, VII, dan X. Pada dasarnya kurikulum ini tetap berdasar pada penguasaan kompetensi (competency based) seperti kurikulum yang sedang berlaku sekarang yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Beberapa elemen perubahannya adalah pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.

Fokus perubahan adalah pada :

  • mengurangi mata pelajaran
  • mengurangi materi pelajaran
  • menambah jam belajar
  • penguatan pelaksaan kurikulum berbasis kompetensi dalam pembelajaran
  • penguatan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap secara holistik dalam pembelajaran
  • penguatan pembelajaran siswa aktif, dar siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar
  • penguatan penilaian proses dan hasil
  • tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, dan global.

Dengan fokus perubahan pada empat standar tersebut di atas, tampak Satuan Pendidkan akan mengalami perubahan yang mendasar. Seperti di SMA penjurusan yang pd kurikulum 2013disebut peminatan akan dimulai dari kelas X, sehingga perlu langkah antisipasidalam penjaringan data prestasi akademik dan minat siswa yang sekarang duduk di kelas IX.

Hilangnya mata pelajaran TIK dari struktur kurikulum dari SD sampai dengan SMA tetapi tetap menjadi dasar bagi siswa untuk memahami dan menyerap mata pelajaran juga memerlukan kecermatan sekolah menempatkan mata pelajaran ini baik sebagai mata pelajaran tambahan maupun terintegrasi pada semua mata pelajaran.

Dari segi administrasi guru-guru lebih diringankan tetapi dari pelaksanaan proses dan penilaian hasil belajar guru dituntut lebih profesional. Adapun dan bagaimanapun perubahn yang akan terjadi, yang harus dilakukan sekolah adalah mempersiapkan sebaik mungkin pelaksanaan kurikulum ini di tahun ajaran 2013/2014.