karitas SMA

Karangturi Peduli Sesama (KARITAS)

Pengabdian Siswa SMA Karangturi Untuk Masyarakat Dengan Membantu Memperbaiki Rumah Warga

Banyak masyarakat membutuhkan uluran tangan terlebih yang disekitar kita. Seringnya terjadi rob, hujan lebat yang mengakibatkan banjir, sehingga mengakibatkan banyak rumah disekitar sekolah SMA Karangturi yang mengalami kerusakan.  

Hal ini menggerakkan hati siswa-siswi SMA Karangturi khususnya kelas XI-IPA 1, XI-IPS 1, dan XI-IPS 4 untuk membantu mereka yang rumahnya rusak. Karena jika kita bisa hidup nyaman, maka orang lain juga harus bisa. Tidak baik hanya melihat mereka yang menderita tanpa membantunya.

Melalui kegiatan Karangturi Peduli Sesama (Karitas), siswa-siswi membantu memperbaiki rumah salah satu penduduk yang bernama Ibu Martini berada di jalan Mlatiharjo. Seorang janda yang tinggal di sebuah rumah dengan kondisi hampir roboh karena sering tergenang rob dan banjir, bahkan rumah yang sebagian besar bangunannya terbuat dari kayu itu sudah banyak yang kropos dan tidak kuat menyangga atap rumah.

Siswa-siswi kelas XI-IPA 1, IPS 1 dan IPS 4 dengan antusias dan rasa cinta kasih, bergotong royong memperbaiki rumah Ibu Martini. Bangunan rumah yang lama diperbaiki dan dibangun kembali dengan menggunakan batu bata agar lebih kuat. Lantai rumah di tinggikan agar dapat terhindar dari rob dan banjir. Dan saat ini rumah Ibu Martini sudah layak huni bersama keluarganya.

Dengan adanya Karitas, bisa lebih menghidupkan rasa kepedulian terhadap sesama, membiasakan diri untuk peka terhadap lingkungan, dan melatih siswa untuk dapat bekerjasama. Semoga hal ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tetapi bisa berkembang lebih baik lagi untuk siswa yang akan datang.