Belajar tidak hanya di dalam ruangan saja, belajar bisa dimana saja, salah satunya belajar di alam terbuka. Belajar di alam akan membantu membuka pikiran anak, belajar dapat dilakukan dimana saja dan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Hal tersebut menginsiprasi Bp/Ibu guru SD Karangturi untuk mengadakan kegiatan yang bertajuk “Kid Outbound Learning 2019”. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan anak bahwa kegiatan pembelajaran tidak melulu dilakukan di kelas, anak juga belajar mengenai alam sekitar, belajar kerjasama dan saling peduli.
Di setiap kegiatan anak-anak dapat saling bekerjasama satu dengan yang lain dan belajar berinteraksi dengan orang lain. Kegiatan yang setiap tahun diadakan ini diikuti sebanyak kurang lebih 70 siswa dan siswi kelas 3 yang didampingi oleh Bp/Ibu Guru.
Tema yang diangkat tahun ini adalah “MANTAP” singkatan dari Mandiri, Tanggung Jawab dan Peduli. 3 aspek ini yang kemudian diajarkan ke anak melalui setiap permainan dan kegiatan. Seluruh aktifitas dan kegiatan dilaksanakan di Kampoeng Banyumili Salatiga, Rabu 13 Maret 2019.