Pola hidup disiplin menjadi kunci keberhasilan seseorang. Disiplin yang menjadi roh masing-masing individu akan tercermin dalam segala tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Menanamkan nilai kedisiplinan tersebut tidak bisa serta merta tetapi memerlukan proses yang harus dilakukan secara intensif dan konsisten dan berkesinambungan. Menyikapi hal tersebut, SMA Karangturi melakukan pendampingan bagi para siswa yang di mulai dari kantin.

Mereka diharuskan antri pada saat menukarkan kupon makan, antri pada saat membeli makanan, membersihkan meja dengan cara mengelapnya, merapikan kursi dengan memasukkan kembali dibawah meja, meletakkan piring sehabis makan dan membuang sisa makanan di tempat yang sudah disediakan. Pada awal kegiatan ini, masih banyak siswa yang belum melakukan sesuai instruksi sehingga terkesan tidak bersih. Pendampingan guru yang  aktif yang dilakukan setiap jam istirahat membawa dampak yang besar. Para siswa menjadi lebih tertib dan dengan sadar melakukannya tanpa harus dipaksa.

Kegiatan ini diharapkan menjadi budaya yang berkembang baik di SMA Karangturi dan kebiasaan yang bagus ini juga bisa diterapkan dalam lingkungan diluar  SMA Karangturi.