Fieldtrip merupakan kegiatan yang sangat ditunggu- tunggu dan disukai oleh anak – anak, karena fieldtrip memberikan suasana serta tempat belajar yang baru, namun dengan adanya pandemi global membuat kita semua harus merubah gaya hidup dan kebiasaan – kebiasaan yang lama. Hal ini berpengaruh juga terhadap program sekolah, salah satunya adalah kegiatan fieldtrip yang sekarang dilakukan secara virtual oleh guru dan disampaikan ke anak melalui video.

Kegiatan virtual fieldtrip kelas 1 ini mengambil tema tentang “Kegiatanku“ salah satunya adalah kegiatan di sore hari. Pengambilan gambar serta video di Argo Cepoko ini dilaksanakan pada tanggal 29 September 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang salah satu kegiatan di rumah saat sore hari. Tujuan selanjutnya adalah mengenalkan beberapa macam peralatan untuk menanam dan proses menanam serta cara merawat tanaman. Di samping itu anak – anak juga dikenalkan dengan berbagai jenis tanaman buah yang ada di sana beserta manfaatnya bagi kehidupan termasuk mengenalkan tanaman krokot.Kegiatan field trip ini melibatkan tim Dinas Pertanian Kota Semarang berkolaborasi dengan koordinator Agro Cepoko.

Di sana Bu Kirana juga melakukan wawancara dengan Ibu Yani selaku koordinator Argo Cepoko tentang tanaman krokot. Akhir dari kegiatan tersebut, anak – anak mendapatkan tanaman krokot yang ada di dalam pot untuk dirawat dengan baik di rumah. Nah, supaya tanaman dapat tumbuh dengan subur maka letakkan tanaman di tempat teduh, namun tetap terkena sinar matahari, kemudian beri pupuk dan disiram dengan air secukupnya. Kini tanaman krokot tersebut sudah diambil oleh orangtua masing masing anak di sekolah.