Bintang Pelajar adalah sebuah program yang secara khusus dilaksanakan untuk memberikan penghargaan kepada siswa kelas 6 yang menunjukkan keunggulan dalam bidang akademik. Namun demikian, dalam proses selanjutnya, tidak hanya nilai akademik yang menjadi fokus, melainkan juga karakter siswa.
Dengan mengangkat tema “Adaptasi Kebiasaan Baru,” Penghargaan Bintang Pelajar tahun ini dilaksanakan dalam tiga tahap seleksi. Tahap pertama, yakni seleksi akademik, dilakukan dengan menelusuri nilai raport seluruh siswa kelas 6. Dari tahap pertama didapatkan 17 anak yang memenuhi kriteria untuk melanjutkan ke tahap 2, yaitu: Alodia, Shannon, Medha, Catherina, Justin, Felice, Jason, Klarissa, Elvina, Feliciatio, Jenica, Nathan, Vanessa, Levya, Maxine, Sakka, dan Yohana.
Ketujuh belas peserta tersebut kemudian mengikuti tahap seleksi kedua, yaitu virtual camp yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 Maret 2021. Para peserta mendapatkan beberapa materi pengembangan diri, meliputi kemampuan public speaking, membuat vlog, perkenalan jenjang SMP, dan karakter seorang bintang. Selama kegiatan, semua peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk belajar, berbagi, dan berkarya. Dari tahap kedua ini, didapatkan enam finalis yang melanjutkan ke tahap akhir, yaitu: Tan Catherina Melisanda Davina, Alodia Julian Saputri, Sakka Kosallananda, Maxine Jessica Quinn Tannama, Gabrielle Shannon Kurniawan, dan Vanessa Millie. Selamat kepada para finalis dan tetap semangat bagi peserta yang berhenti di tahap 2.
Di tahap ketiga, yaitu uji wawasan, para peserta akan dihadapkan pada sesi tanya jawab dengan para juri, tentang wawasan yang berkaitan dengan topik tertentu. Tahap yang akan dilaksanakan di bulan Mei 2021 ini merupakan tahap akhir yang akan menjadi penentu Bintang Pelajar terpilih. Selamat mempersiapkan diri bagi keenam finalis Bintang Pelajar SD Karangturi 2021.