Sabtu, 19 Februari 2011 bertempat di Kampus SMP Karangturi, Jl. Raden Patah 182 – 192 Semarang, berlangsung event  GO GREEN SMP Karangturi, tujuan utama penyelenggaraan event  ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta  siswa terhadap lingkungan sekitar.
Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB s.d. 13.00 WIB tersebut menampilkan pameran foto bertemakan lingkungan hidup hasil pemotretan siswa – siswi SMP  Karangturi serta lukisan siswa – siswi SMP yang juga bertemakan tentang lingkungan hidup. Tanaman seperti  bayam dan kangkung unggul yang ditanam pada media tanah di pralon talang tak urung menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung selama pameran berlangsung.
Acara  utama pada kegiatan GO GREEN SMP Karangturi ini adalah workshop BIOPORI bagi siswa – siswi SMP Karangturi. BIOPORI adalah  lubang yang berdiameter 10 sampai 30 cm dengan panjang 30 sampai 100 cm  ditutupi sampah organik yang berfungsi untuk menjebak air yang mengalir di sekitarnya sehingga dapat menjadi sumber cadangan air bagi air bawah tanah, tumbuhan di sekitarnya serta dapat juga membantu pelapukan sampah organik menjadi kompos yang bisa dipakai untuk pupuk tumbuh-tumbuhan.
Tujuan / Fungsi / Manfaat / Peranan Lubang Resapan Biopori / LRB :

  1. Memaksimalkan air yang meresap ke dalam tanah sehingga menambah air tanah.
  2. Membuat kompos alami dari sampah organik daripada dibakar.
  3. Mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit.
  4. Mengurangi air hujan yang dibuang percuma ke laut.
  5. Mengurangi resiko banjir di musim hujan.
  6. Maksimalisasi peran dan aktivitas flora dan fauna tanah.
  7. Mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor.

Sebagai  pelengkap pada event tersebut,  diadakan beberapa lomba bagi siswa SD, antara lain : Lomba POSTER GO GREEN, Olimpiade Matematika, Roket Air dan Try OUT bagi siswa SD, tak lupa stand makanan dengan menyajikan variasi makanan yang mengundang selera, turut meramaikan event  tersebut.
“ Semoga event – event seperti  ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya…”, ujar Drs. Lilik Kusnadi, koordinator event GO GREEN SMP Karangturi. ( CN )