Sebuah sukses lahir bukan karena kebetulan atau keberuntungan semata, melainkan melalui target yang jelas, perencanaan yang matang, keyakinan, kerja keras, keuletan dan disertai dengan niat yang baik (Andrei Wongso). Setiap tahun tercatat bahwa Mapel Ekonomi SMA Karangturi selalu meraih prestasi yang baik disetiap event perlombaan yang diikuti. Seperti perlombaan diawal tahun pelajaran ini, SMA Karangturi melalui mapel Ekonomi mencatat prestasi yang baik dengan meraih juara ke dua lomba cerdas cermat perpajakan yang diadakan oleh Departemen Keuangan RI Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah DJP Jateng I. Tim SMA Karangturi diwakili oleh Timotius Agung XII S1, The, Priska Juventia XII S1 dan Vindy Tandyo XII S3 dengan guru pembimbing bp Yoh Tri Wahyudi dan ibu CM Rossy Kurnia Dewi.
Tidak seperti lomba – lomba mapel biasa, Kantor Wilayah DJP Jateng I yang kali pertama mengadakan lomba memang beda coy. Tema yang diangkat pun anak muda banget yaitu “ Anak Gaul Ngerti Pajak”. Lomba cerdas cermat yang butuh konsentrasi penuh dan suasana tenang disulap menjadi gegap gempita bagaikan menyaksikan pertandingan bola basket. Setiap sekolah yang mendaftarkan diri menjadi peserta lomba cerdas cermat diwajibkan mengerahkan supporter, yang terdiri dari 15 siswa, untuk mendukung serta menyajikan tampilan YEL YEL Perpajakan yang kreatif, sehingga pada tanggal 12 Agustus 2009 di Auditorium RRI Kota Semarang penuh dengan kreativitas anak muda yang berbakat mengadu ketrampilan dan kemampuan mereka. Tidak mau ketinggalan pula TV Borobudur ikut merekam moment tersebut dan ditayangkan secara ulang pada hari Sabtu tanggal 15 Agustus 2009.
Antusiasme SMA & SMK baik negeri maupun swasta untuk mengikuti lomba terlihat dari jumlah peserta lomba yang cukup banyak yaitu sebanyak 27 SMA / SMK Negeri/Swasta. Bisa dibayangkan berapa jumlah siswa yang membanjiri Auditorium RRI kota Semarang. Sebanyak 27 peserta dengan masing – masing membawa 15 siswa untuk menjadi supporter. Hadiah yang ditawarkan pun cukup menantang yaitu puluhan juta rupiah.

Lomba cerdas cermat ini dibagi dalam 3 babak yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Seleksi 27 peserta ini sampai ke babak final hanya diambil 4 peserta yang terbaik. Peserta yang masuk final sudah dipastikan untuk menjadi Juara I sampai dengan Harapan I. Perjalanan tim lomba cerdas cermat SMA Karangturi sampai ke babak final terbilang cukup lancar. Persiapan yang matang dan penguasaan materi yang baik dari tim SMA Karangturi tersebut mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri dengan mudah, walaupun pada akhirnya Dewi Fortuna hanya menempatkan tim SMA Karangturi pada posisi ke – 2. Jangan pernah menyesal dari hasil yang sudah kita raih, meskipun sebenarnya kita mengukur diri kita mampu untuk mencapai hasil yang lebih baik. Tetap semangat dan raih prestasi yang lebih baik.