Dua siswi SMA Karangturi berhasil memberikan hasil memuaskan dalam Lomba Karya Ilmiah yang diselenggarakan Program Studi Farmasi Universitas Islam Indonesia. Gabriella Permata Heru (XI-IPA 2) dan Inge Kumalasari (XI-IPA 4) berhasil menjadi Juara 3 dengan karya ilmiah Pemanfaatan Daun Katuk (Sauropus Androgynus) sebagai bahan baku Photodynamic Theraphy.

Photodynamic Theraphy adalah pengobatan yang menggunakan obat photosensitizing (obat yang menjadi diaktifkan oleh paparan cahaya) dan sumber cahaya untuk mengaktifkan obat diterpakan. Sementara daun katuk sendiri merupakan jenis tumbuhan sayuran yang kaya vitamin K, besi, fosfor, dan vitamin A. Ekstrak daun katuk akan menghasilkan cairan klorofil dan cairan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah perkembangbiakan sel-sel kanker. Katuk mengandung klorofil tinggi dan dapat digunakan sebagai bahan photosensitizer dalam photodynamic  therapy. Photosensitizer disuntikan ke penderita dan dalam dua hari photosensitizer akan berkumpul di sel kanker. Setelah itu disinari sehingga photosensitizer akan segera membunuh sel kanker dengan cepat. Daun katuk banyak terdapat di negara Indonesia dan diharapkan melalui penelitian tersebut menghasilkan photosensitizer yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif penyembuhan penyakit.

Dengan dibimbing Bapak Sutiyana, S.Pd., M.Si, kedua siswi SMA Karangturi ini mampu memberikan hasil yang terbaik untuk sekolah. Jaya Terus Karangturi.