Tujuan dari semua pembelajaran adalah membangun logika berpikir, melatih kecakapan hidup dan membentuk karakter yang baik. Ketiganya harus tercapai di akhir setiap jenjang pendidikan sesuai dengan kapasitas masing-masing individu. Kita semua sudah sangat memahami dua hal tentang membangun logika berpikir dan membentuk karakter, keduanya sudah sering sekali digaungkan di setiap satuan pendidikan. Namun ada 1 hal lain, yakni kecakapan hidup, yang sebenarnya menjadi kunci penting juga untuk mencapai kesuksesan dalam hidup ketika seseorang terjun dalam kehidupan bermasyarakat.

Kecakapan hidup secara sederhana ada 2 hal utama, Kecakapan hidup lunak(Soft skill) berbicara tentang kecakapan kepribadian dan hubungan dengan orang lain dan kecakapan hidup keahlian(hard skill) berbicara tentang kecakapan teknis sehubungan dengan bidang yang ditekuninya.
Sekolah Karangturi menangkap kebutuhan akan hal di atas dengan mengembangikan sebuah muatan lokal dalam kurikulum yang sedang dijalankan saat ini dengan nama LIFE SKILLS(KECAKAPAN HIDUP). Kecakapan Hidup yang diajarkan di SMP Karangturi, khususnya memuat tentang Etika lokal, kemampuan berbicara, melek finansial, kelistrikan, kecerdasan lingkungan, kepramukaan, IT.
Karangturi Baik, Berbakat, dan Bisa!!!