Menanamkan pendidikan berkarakter pastilah memerlukan proses panjang untuk benar-benar dapat membentuk karakter itu sendiri. Watak atau karakter peserta didik terbangun ketika ada sebuah sistem yang kuat dalam mengembangkan budaya sekolah atau school culture. SMP Karangturi mengembangkan budaya sekolah tersebut ke dalam bentuk berbagai kegiatan kesiswaan. Di dalam berbagai kegiatan itulah pendidikan berkarakter dimasukkan secara sistematis salah satunya adalah ke dalam muatan lokal pelajaran Bahasa Jawa melalui Ujian Praktik “Nembang Jawa” bagi siswa kelas IX. Dengan adanya kegiatan Nembang Jawa tersebut, siswa-siswi akan banyak belajar mencintai sekaligus melestarikan akar Budaya Jawa yang merupakan bagian dari tradisi kita sendiri.

 

Ujian Praktik “Nembang Jawa” ini diselenggarakan setiap hari Rabu mulai tanggal 13 s.d. 27 Februari 2013 dengan ragam pilihan tembang Pocung, Pangkur dan Gambuh. Masing-masing ragam tembang terdapat 10 pilihan yang dapat dipilih siswa dengan cara diundi, alhasil setiap siswa dalam satu kelas akan membawakan satu pilihan tembang yang berbeda satu dengan lainnya. Agar Ujian Praktik ini dapat berjalan dengan maksimal maka masa persiapan untuk berlatih merupakan salah satu unsur yang paling menentukan. Untuk itu Ibu Dyah Harum selaku Guru pengajar Tembang Jawa mensiasatinya dengan mengajari Nembang Jawa kepada siswanya jauh-jauh hari kemudian membentuk tutor sebaya siswa agar mereka dapat berlatih secara berkelompok menurut jenis tembang.

“Selain untuk mengambil nilai bahasa jawa praktik, kegiatan nembang jawa ini bertujuan melestarikan budaya jawa itu sendiri serta mengenalkan kekayaan Tembang Jawa yang kita miliki pada siswa-siswi SMP Karangturi”, ujar Ibu Dyah Harum dengan mimik wajah yang serius.

Kriteria penilaian dalam ujian praktik Nembang Jawa ini meliputi ketepatan nada, penguasaan tembang serta ekspresi. Tentu saja, kegiatan praktik Tembang Jawa yang akan diselenggarakan setiap tahunnya ini telah memberikan warna tersendiri dalam pengembangan kurikulum pendidikan berkarakter SMP Karangturi. ( CN )