Nilai-nilai nasionalisme perlu ditumbuhkan dan dipelihara dalam diri terutama siswa SMA. SMA Nasional Karangturi sangat peduli dengan hal tersebut. Kepedulian sekolah Karangturi diwujudkan dalam berbagai program sekolah yang secara nyata dilakukan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Menyanyikan lagu Indonesia  Raya secara khidmat setiap hari senin dan mengibarkan bendera adalah beberapa contoh kecil yang dilakukan sekolah Karangturi.

Keteladanan menjadi dasar penanaman nilai kebangsaan di sekolah Karangturi. Siswa akan melihat secara langsung apa yang dilakukan orang lain, dalam hal ini guru dan pimpinan sekolah dan akhirnya mereka akan mampu memahami nilai-nilai tersebut.

Keteladanan Pimpinan, Guru dan karyawan SMA Karangturi ditunjukkan pada saat Upacara Bendera pada hari senin, 3 Agustus 2015 beberapa hari yang lalu.  Semua petugas upacara adalah para Pimpinan, Guru dan karyawan sekolah.  Upacara yang diselenggaran secara rutin ini berjalan dengan lancar dan khidmat.

Dalam pidato sambutannya Bapak Susena selaku kepala  SMA Karangturi mengingatkan kepada para siswa akan pentingnya nasionalisme yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu disiplin dan berkarakter yang baik. Komitmen sekolah ini akan dapat direalisasikan apabila ada komitmen dan kerjasama dari semua civitas akademika SMA Karangturi.