OSKAR 2014

Pada tangggal 10 – 12 Juli 2014, siswa-siswi kelas 10 SMA Karangturi mengikuti kegiatan Orientasi Siswa Karangturi ( OSKAR ).

Sebenarnya kegiatan orientasi ini bertujuan untuk mengenalkan siswa-siswi baru pada lingkungan sekolahnya yang baru, sekaligus untuk mendisiplinkan dan membentuk karakter siswa-siswi untuk menjadikan Semua Anak Baik, Semua Anak Berbakat, dan Semua Anak Bisa Naik Kelas. OSKAR ini tidak ada sama sekali unsur perpeloncoan dan juga senioritas. Peserta dan panitia  OSKAR semua diperlakukan sama. Tidak ada yang diperlakukan lebih spesial. Hanya mungkin kami, kakak-kakak OSIS sedikit bersikap tegas untuk menerapkan kedisiplinan pada adik-adik kelas.

Kegiatan-kegiatan yang di lakukan di OSKAR 2014 ini antara lain adalah tour kampus, bersih-bersih sekolah, pengenalan eksul, penjelasan tentang peraturan-peraturan, kurikulum, ugahari kegiatan pendisiplinan, dan lain-lain.

Keunggulan dari program OSKAR ini, yaitu kami menerapkan saling melayani. Saat makan, selalu ada kelas yang mendapat giliran melayani teman-teman seangkatannya, serta kakak-kakak OSIS dan juga para guru pembimbing. Mereka tidak hanya melayani tetapi juga menghibur dengan nyanyian saat kami semua makan. Setelah selesai makan kami semua mengembalikan dan menyusun kembali piring-piring, mangkok, sendok serta garpu di tempat yang telah disediakan.

Di dalam OSKAR ini  para peserta dan panitia tidak diperkenankan membawa air mineral kemasan sekali buang. Hal itu bertujuan untuk mengurangi sampah plastik. Kami semua membawa botol minum sendiri-sendiri dari rumah kami masing-masing.