Anyong Haseyo……itulah ucapan yang sering diucapkan oleh anak-anak duta SMA Karangturi dalam Overseas Student  Immersion  (OSI 2012) yang dilaksanakan di Daejon, Korea Selatan. Ucapan itu adalah sapaan yang disampaikan ketika orang saling berjumpa di Korea.

Korea Overseas Immersion adalah program kunjungan pertama ke negeri  ginseng  tersebut, Program ini berlangsung selama 1 minggu dari tanggal 27 Januari – 3 Februari 2012. Kegiatan ini bekerja sama dengan Solbridge International School of business, Woosong University, Korea Selatan. Program ini diikuti oleh 27 siswa dengan 2 guru pendamping.

Selama di Korea, para siswa tinggal di asrama Solgeo. Asrama ini sangat nyaman dengan fasilitas yang lengkap sehingga para siswa sangat betah tinggal di asrama ini. Selama tinggal di asrama para siswa berinteraksi dengan para mahasiswa dari berbagai negara yang sedang belajar di Solbridge. Selain itu mereka juga berinteraksi dengan para tamu yang berasal dari Meksiko yang mengadakan kegiatan yang sama.

Para Duta SMA Karangturi disambut langsung oleh President  Woosong University, Prof. Endicot. Korea Overseas Student ini  meliputi kunjungan ke berbagai tempat di sana al, Lotte World, Kyongbukung Palace, Myongdong, Teddy Bear Museum, Muju Ski Resort adalah tempat yang dikunjungi.

Selain itu para siswa mengunjungi Woosong  High School, di sini mereka juga  terlibat aktif dalam kelas  saling berinteraksi dengan para siswa di sekolah tersebut.  Selain belajar di kelas  duta SMA Karangturi  mengikuti  School Tour dan kesan yang didapatkan adalah kondisi sekolah yang sangat bersih dan fasilitas yang lengkap, sangat mendukung dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Selain kunjungan ke sekolah para siswa mengikuti  perkuliahan di Woosong University, yang pertama adalah Intercultural dengan Dr. Dawns sebagai dosennya. Para siswa diajak berdiskusi secara berkelompok dengan melibatkan para mahasiswa dari berbagai negara seperti: Thailand, China, Vietnam, Pakistan, Ghana, Mexiso, Malaysia.  Para siswa saling bertukar informasi tentang budaya dari masing-masing negara. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa untuk melatih mereka berdiskusi dengan mahasiswa asing .selain itu siswa belajar Korean Language dan K-Pop Dancing untuk mengetahui Korea lebih detail.

Kerja keras dan disiplin orang-orang Korea memberi  inspirasi bagi siswa yang mengikuti program ini dan diharapkan  akan menjadi contoh  untuk  diterapkan dalam kehidupan sehari-hari  para siswa kita . (FX. Wardhani, S.Pd. – Guru Bhs. Inggris)