Sebagai salah satu sekolah RSBI di Semarang, perlu kiranya senantiasa member bekal dan pengalaman kepada siswa-siswinya untuk berprestasi dan berkreasi, baik di bidang akademis maupun non akademis. Pengelaman hidup tidak hanya cukup dipelajari secara teori, pengalaman hidup tidak hanya cukup dipelajari secara teori, tetapi harus lebih menonjolkan praktek agar siswa mengalami sendiri akan apa yang mau diraih dalam hidupnya.

Mengingat bahwa setiap tahun hampir sekitar 20 – 30 siswa Karangturi melanjutkan studi di luar negeri. Maka perlu kiranya membuka wawasan siswa, dengan mengenalkan lebih dekat tentang bagaimana pendidikan dan pembelajaran di luar negeri dan upaya itu selalu dilakukan oleh SMA Karangturi dari tahun ke tahun.  Di tahun 2012 ini SMA Karangturi kembali menyelenggarakan kegiatan “ Overseas Student Immersion ‘ ke beberapa negara antara lain :

  1. Korea selatan
    Sekolah yang dituju     =  Woosong  High  School
    Siswa yang berangkat             =  27  siswa
    Guru yang berangkat =  2 guru
    Tanggal pelaksanaan  = 27 Januari  – 3  Februari 2012
  2. Singapore
    Sekolah yang dituju     =  Seranggon  Junior  College
    Siswa yang berangkat             =  16 siswa
    Guru yang berangkat =  2 guru
    Tanggal pelaksanaan  = 3  – 13  Februari 2012
  3. Hongkong, china
    Sekolah yang dituju     =  International Christian School – Hongkong
    Shenzen Experimental School  – China
    Siswa yang berangkat =  10 siswa
    Guru yang berangkat =  1 guru
    Tanggal pelaksanaan  =  9   – 18 Maret 2012

Kegiatan tersebut, disamping siswa mengikuti pembelajaran  di sekolah yang dituju ,juga mengunjungi universitas-universitas ternama di negara itu.

Kegiatan overseas student immersion yang telah dilaksanakan  tiga tahun ini , setiap tahunnya selalu banyak peminat dan berkembang ke negara-negara maju lainnya. Sampai saat ini sma karangturi telah menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa sekolah di luar negeri seperti :

  1. Seranggon  Junior  College – Singapore
  2. Woosong  High  School – Korea
  3. International Christian School – Hongkong
  4. Shenzen Experimental School  – China
  5. The Kilmore International School – Australia

Siswa SMA Karangturi kelas X & XI dan beberapa guru pendamping yang akan mengikuti program ini, dilepas oleh Direktur Eksekutif, Bp. Harry Santoso dan Kepala Sekolah SMA, Bp. Drs. Irawan Nirwanto dengan penyematan pin ke mereka.