“ OVERSEAS STUDENTS IMMERSION  PROGRAM 2011” KARANGTURI SENIOR HIGH SCHOOL SEMARANG INDONESIA – SERANGOON JUNIOR COLLEGE SINGAPORE adalah  merupakan suatu tuntutan dari sebuah sekolah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai sekolah RSBI ( Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional )  untuk   senantiasa memperluas wawasan dan mengembangkan diri dengan baik dalam segi sumber daya manusia, kualitas pendidikan,  dan   pelayanan masyarakat. Berangkat  dari hal tersebut , SMA Karangturi sebagai  institusi pendidikan harus selalu bekerja sama dengan sekolah- sekolah maju baik dari dalam dan luar negeri . Kerjasama tersebut  dapat berupa adaptasi kurikulum, pertukaran guru, pertukaran siswa dan adaptasi program- program yang kondusif untuk pengembangan  life-skill siswa.
Tahun 2011 adalah tahun yang kedua  bagi SMA Karangturi dalam pelaksanaan program kerjasama dengan Serangoon Junior College  (SRJC) Singapura. Kali ini SMA Karangturi  mengirim 17 orang siswa dan 2 orang guru untuk kegiatan  “ OVERSEAS  STUDENTS  IMMERSION  PROGRAM 2011“. Duta Karangturi tersebut akan  menjalankan tugasnya di Singapura  mulai 18-28 Februari 2011. Selain melakukan tugas utamanya di Serangoon Junior College, mereka juga akan melakukan kunjungan ke  5 universitas  untuk memperluas wawasan  sekaligus mendapatkan referensi untuk studi lanjut . Universitas yang akan dikunjungi adalah Nanyang Technological University, National University of Singapore, Management Development Institute of Singapore, Raffles Design Institute dan Curtin Singapore.
Tujuan kegiatan ini sangat sejalan dengan   misi sekolah Karangturi dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia . Siswa diharapkan dapat belajar tentang budaya sekolah, budaya belajar siswa  teknologi pendidikan ,  tehnik pengembangan program ekstra kurikuler , penerapan ilmu dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan   serta pengembangan diri siswa .
Selamat jalan Duta Karangturi.