WARNA – WARNI PAGELARAN SMP KARANGTURI

 

Dentuman musik ngebit mengawali acara pagelaran kelas IX SMP Karangturi. Bertempat di lapangan basket bernuansa pagi yang cerah diiringi  dua MC cilik siswa kelas VII cuap-cuap menghantar acara pagelaran. Pagelaran tersebut menampilkan tiga fokus acara. Fokus pertama terletak pada panggung  menampilkan musik yang dimainkan baik lagu hits maupun karya dan aransemen siswa sendiri yang kemudian dinilai Bapak Inu sebagai mapel musik. Acara musik tersebut juga diselingi dengan penampilan siswa yang berlenggang-lenggok layaknya peragawan-peragawati professional. Beberapa siswa mengenakan kostum design sendiri dengan tambahan ornamen di sana-sini. Senyum, cara berjalan, percaya diri dan keluwesan pada saat memperagakan busana yang telah dipakai tersebut merupakan penilaian tersendiri pada mapel Busana oleh Bu Anri selaku Guru mapel tersebut.

Tak kalah menarik masih di panggung yang sama beberapa siswa berkelompok melukis di sebuah media papan berwarna hitam yang berukuran sekitar 2×1 meter. Uniknya mereka melukis dengan menggunakan kuas dengan pewarnanya adalah lem kayu. Sepuluh menit mereka diberi waktu untuk melukis bersama. Saat itu penonton dibuat penasaran apa sebenarnya yang mereka kerjakan. Sepuluh menit berlalu dan siswa sudah siap melemparkan bubuk kapur putih bersama-sama ke media papan yang telah dilukis tersebut dengan lem tersebut, dan wowww…. jadilah sebuah gambar yang terbentuk hasil dari kontrasnya kapur putih yang menempel pada lem hasil lukisan dengan papan berwarna hitam. Penonton yang terdiri dari siswa kelas VII, VIII, dan IX serta Orang Tua Siswa yang saat itu bertepatan dengan penerimaan rapor mid semester takjub dibuatnya.  

  Pak Ahmad selaku Guru Seni Lukis menilai setiap karya individu dan kelompok lukis tersebut. Melengkapi suasana panggung yang semakin meriah, sebuah tarian khas dari beberapa daerah di Indonesia tak luput dari suguhan siswa-siswi kelas IX ini dan Bu Yuni selaku pengampu mapel Seni Tari tak lupa menilai setiap gerakan siswa-siswinya. Di sudut lain depan panggung terdapat beberapa meja memanjang dengan beberapa kompor listrik dan alat masak lainnya serta beberapa siswa yang sibuk dengan persiapan masakan sebagai penilaian pada mapel Keterampilan Boga. Rasa masakan, cara penyajian sebagai salah satu item penilaian oleh Chef Donny dan Miss Laura sebagai pengampu mapel Boga. 

Begitulah Pagelaran Siswa Kelas IX ini berlangsung pada Jumat, 28 Maret 2014 yang lalu, banyak kreatifitas dan inovasi yang dibuat siswa-siswi Karangturi yang dapat juga membentuk karakter dan kepercayaan diri  yang baik bagi mereka. (Ric/ed-Edited CN.)