Patriot adalah salah satu program di jenjang SD yang merupakan wadah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan, mengembangkan karakter positif, sekaligus memberikan dasar-dasar keterampilan berorganisasi bagi para siswa.
Di tahun pelajaran 2020/2021, meskipun dengan kondisi pandemi, program Patriot tetap dilaksanakan, tetapi dengan konsep pertemuan virtual. Program Patriot kali ini dikemas sedemikian rupa dengan harapan dapat memberikan keterampilan yang dapat menjadi bekal bagi siswa untuk terus mengembangkan diri dalam bidang akademik maupun non akademik. Di tahun ini, program Patriot difokuskan pada pengembangan kemampuan berkomunikasi, yakni public speaking. Berkaitan dengan topik ini, kami bekerja sama dengan Coach Ultimate Public Speaking for Kids, Stephanie Pika K.
Program Patriot secara khusus diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 4 dan 5 yang memenuhi kriteria persyaratan yang telah ditentukan. Program Patriot menuntut kesediaan waktu dan komitmen yang besar. Oleh karena itu, untuk mendapatkan anggota patriot yang sesuai dengan kriteria maka dilakukan proses seleksi dalam 2 tahapan. Tahap pertama adalah seleksi berdasarkan data ketertiban siswa selama mengikuti kelas online dan tahap kedua berdasarkan video presentasi singkat yang dibuat oleh siswa yang lolos tahap pertama.
Proses seleksi telah berlangsung di bulan November hingga Desember 2020 dan telah terpilih 16 siswa yang kemudian mengikuti pelantikan pada hari Sabtu,16 Januari 2021 lalu. Program ini direncanakan akan berlangsung hingga bulan Mei 2020 dengan total 15 pertemuan yang terdiri dari materi public speaking dan kegiatan mentoring. Anggota Patriot yang telah terpilih diharapkan dapat menjadi teladan bagi teman-temannya dan ikut mendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang diprogramkan oleh sekolah.