SMA Karangturi berusaha untuk memenuhi standar Sekolah Bertaraf Internasional dengan menciptakan pendidikan yang berkualitas dan memiliki relevansi tinggi dan sesuai dengan tuntutan global. Sebagai implementasinya SMA Karangturi mulai tahun pelajaran 2011 – 2012 melaksanakan rintisan sistem SKS.

Adapun cara belajar sistem SKS ini, merupakan upaya inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Prinsip dari penyelenggaraan SKS, siswa dapat menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti pada setiap semester sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya. Siswa yang berkemampuan dan berkemauan tinggi dapat mempersingkat waktu penyelesaian studinya dari periode belajar yang ditentukan dengan tetap memperhatikan ketuntasan belajar.

Keuntungan dari sistem SKS ini sendiri siswa yang berkemampuan dan minat tinggi jika konsisten dalam prestasi belajarnya maka dapat dimungkinkan lulus dalam waktu 4 semester atau 2 tahun. Ditambah adanya program semester pendek, dan tidak adanya istilah tinggal kelas.

Sebagai pelaksana pertama sistem SKS di Jawa tengah diharapkan terjadi peningkatan kualitas pendidikan di SMA Karangturi, selain itu siswa diharap lebih mengoptimalkan sistem pembelajaran berbasis TIK yaitu sistem pembelajaran e-learning, sehingga capaian kompetensi dapat ditingkatkan. (Aku)