PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN DI  SMA KARANGTURI

Dimanapun adalah kelas .. siapapun adalah guru …dan apapun adalah sumber belajar” … tiga kalimat sederhana dan sarat  makna  ini berusaha diterjemahkan di SMA KArangturi dalam bentuk  program pembelajaran yang lebih mengena, up to date dan menyenangkan. Siswa belajar tidak selalu didalam kelas dalam arti “ruang”  tertutup dengan semua media pembelajaran yang telah disediakan didalamnya , siswa tidak  tergantung pada  uraian dan penjelasan guru untuk memahami suatu konsep ilmu dan siswa bisa belajar dari apapun selain buku, LKS, modul dan lain lainnya (baca: guru)  yang  selama ini secara lazim sebagai sumber belajar siswa . Siswa harus dapat menggunakan apapun diluar dirinya  sebagai  sarana “belajar” nya. Berdasar hal tersebut SMA KARANGTURI mengemas program pembelajaran diluar kelas dengan nama “AKSIBELIA” (Aktivitas Siswa Belajar di Lingkungan Alam)

AKSIBELIA adalah program pembelajaran di luar kelas yang dilakukan secara berkala untuk siswa kelas X dan XI di SMA KARANGTURI mulai tahun ajaran 2014-2015. Siswa mempelajari  konsep ilmu yang telah diajarkan guru di dalam kelas pada realita yang sebenarnya bisa saja di pabrik, pasar, perkampungan, museum, perkebunan dan abjek objek lain yang relevan dengan apa yang dipelajari  . Pada program ini beberapa mata pelajaran berkolaborasi  mulai dari penyampaian materi di kelas, pelaksanaan di objek pembelajaran  dengan rancangan project yang harus dikerjakan  siswa dan dikumpulkan di akhir semester sebagai hasil  pembelajaran yang dialami.

Pada semester gasal ini kelas X dan XI  telah melakukan AKSIBELIA kebeberapa tempat . Siswa kelas X IPA mempelajari  Pabrik Jamu SIDOMUNCUL untuk memperdalam pemahaman  konsep yang dipelajari pada mata pelajaran Kimia, Fisika, Matematika dan Biologi . Siswa kelas X IPS mempunyai dua objek pembelajaran yaitu pasar Bandungan dan tempat wisata “candi Gedong Songo” untuk memperdalam konsep yang didapat pada mata pelajaran Sejarah, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi.

Kelas XI IPA selama 2  hari mempelajari objek di seputar Jakarta dan Bogor seperti Pabrik minuman Pocari dan Yakult, Kebun Raya Bogor dan PTPN VIII di Sukabumi. Siswa kelas XI IPS belajar di Bursa Efek Indonesia, Kampung nelayan Muara Angke, Kota tua Jakarta  dan PTPN VIII di Sukabumi. AKASIBELIA kelas XI merupakan project kolaborasi enam mata pelajaran yaitu empat mata pelajaran peminatan dan dua mata pelajaran bahasa.

Pada AKSIBELIA siswa tidak hanya belajar konsep ilmu tetapi juga karakter dan ketrampilan. Nilai kedisiplinan, kesederhanaan, rendah hati, peduli pada lingkungan ditanamkan melalui program ini. Ketrampilan untuk berkolaborasi,  bekerjasama, memecahkan masalah dan berpikir kritis saat pengerjaan project mulai dari pengambilan data sampai akhirnya menjadi sebuah laporan  adalah pelatihan ketrampilan yang disetting untuk dialami oleh siswa  selama program AKSIBELIA berlangsung.

SEKOLAH NASIONAL KARANGTURI dimana SMA KARANGTURI menjadi salah satu bagiannya berusaha mendidik siswa semaksimal mungkin secara lengkap baik dari karakter, bakat dan pengetahuannya. Semboyan kami  untuk siswa adalah mendidik dan  mencetak siswa yang  “BAIK  ..BERBAKAT  dan BISA ” . AKSIBELIA adalah salah satu program pembelajaran yang dilakukan untuk mencapai  visi tersebut.  Terus maju Karangturi .. Go Kartur .. Go Kartur .. go.. go …go.. . HIDUP KARANGTURI.

 

Dra. Septi Manthovani, M.Pd

Waka Kurikulum SMA KARANGTURI