Seminar mengenai “Peranan Sekolah dan Orang tua dalam Mempersiapkan Mental Juang Anak di Era Globalisasi”, diselenggarakan oleh TK Karangturi, Jum’at 16 Maret 2012 yang lalu dan disampaikan oleh  Melly Kiong, penulis  beberapa buku Parenting  :

  • Cara Kreatif Mendidik Anak ala Melly Kiong
  • Siapa Bilang Ibu Bekerja, Tidak Dapat Mendidik Anak Dengan Baik

Seminar singkat yang disampaikannya sangatlah bermanfaat, dimana dihadiri oleh semua orang tua siswa TK, dan guru-guru.  Beliau menyampaikan,”  Janganlah kita selalu melihat kekurangan anak kita karena  akan membatasi kreativitasnya, namun kita harus melihat kelebihan dan cita-citanya yang mana harus kita dorong meskipun kadang tidak sesuai dengan keinginan orang tua”.

Pemerhati hubungan keluarga ini,  mengungkapkan sikap dan perilaku anak saat ini cenderung suka membantah, malas, konsumtif, suka menuntut dan tidak mandiri secara tidak langsung dipengaruhi dalam cara mendidik dari  orang tua sendiri.

Sebagai orang tua pun tidak dapat  semata-mata menyerahkan tanggung jawab pendidikan untuk anak pada sekolah, karena mengingat waktu anak di sekolah hanya sekitar 25% . Dimana orang tua perlu membangun mental dan daya juang anak kita sejak dini dan memperbaiki pola asuh yang bukan atas keinginan orang tua. Untuk itu kita perlu bekerja sama  yang baik antara orang tua di rumah dan guru di sekolah dalam mendidik  anak-anak kita.