Selama 3 hari 2 malam, Siswa Kelas 5 SD dan Primary 5 Karangturi beserta dengan 15 guru pendamping mengikuti kegiatan lingkungan dan karakter di Garaha LP3S, Salatiga. Kegiatan yang bertemakan Aku Anak Yang Mandiri dan Tangguh ini melibatkan juga beberapa pendamping lain seperti Polisi PUSDIKBINMAS Banyu biru sebagai fasilitator pendamping kedisiplinan, HTC (Huminity Training and Consulting) sebagai fasilitator Outbound, PMI sebagai fasilitator kesehatan.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan upacara pembukaan yang difasilitasi oleh Polisi PUSDIK dan seluruh peserta mengikuti dengan tertib. Dilanjutkan dengan perkenalan, ice breaking, waktu untuk snack dan kemudian checking ruangan dan bersih-bersih lingkungan. Kunjungan sentra industri di siang hari setelah makan siang tidaklah kalah menariknya dengan kegiatan sebelumnya. Seluruh siswa dan pendamping berjalan kaki menyusuri trotoar jalan untuk menuju sentra industry Rumah Kedelai. Sore harinya, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Hasta Karya dimana siswa membuat karya dari bahan yang sudah di daur ulang.Di waktu yang bersamaan, hujan mengguyur cukup deras, namun kegiatan tetap berjalan sesuai rencana karena semua pendamping dan siswa sigap dan semangat untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Setelah itu, kegiatan hari pertama ditutup dengan refleksi malam dan apel malam.

Kegiatan di hari kedua dimulai dengan bangun pagi pukul 05:00 untuk olah raga pagi. Suatu hal yang mungkin tidak biasa bagi beberapa siswa untuk bangun dan berolah raga setelah seharian lelah terhadap aktivitas. Namun seluruh siswa patuh untuk bangun pagi dan menuju ke area olah raga untuk mengikuti kegiatan tersebut. Hari itu adalah hari untuk kegiatan outbound. Kegiatan yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa ini berlokasi di Kampung Java, Muncul. Seluruh siswa dan guru pendamping mempersiapkan diri setelah makan pagi untuk menuju ke lokasi outbound dengan menggunakan angkot yang sudah dipersiapakan guru pendamping. Kegiatan yang dimulai pukul 09:00 dan berakhir pukul 12:00 ini berjalan dengan baik sekalipun panas menyengat tubuh siswa. Kegiatanmenarik yang patut diapresiasi adalah Meniti tali, dimana siswa dengan berani berjalan di atas tali yang dibentangkan di sepanjang kolam.

 

Selanjutnya setelah makan siang, tepatnya pukul 13:30, siswa dan pendamping berjalan menyusuri galangan sawah untuk menuju dusun terdekat. Kegiatan ini adalah kegiatan menanam sebagai bagian bakti terhadap lingkungan dan penghijauan. Panas terik matahari yang menyengat dan membuat seluruh badan menjadi terbakar oleh sinar matahari tidak membuat surut semangat siswa dan pendamping untuk melaksanakan kegiatan menanam sampai tuntas. Kegiatan diakhiri dengan kembali ke Graha penginapan dan persiapan untuk pentas seni di malam harinya.

Di dalam kegiatan Pentas Seni, kami mengundang tim SDN Ledok 2 Salatiga untuk hadir dan mengisi acara. Penampilan yang berupa tarian daerah dan nyanyian dari siswa SD Karangturi dan SDN Ledok 2 memeriahkan seluruh acara pentas seni malam itu.

Hari ketiga, acara untuk bakti social ke SDN Ledok 2 Salatiga. Bakti social meliputi kerja bakti lingkungan sekolah, pengecatan, pembelajaran, pembuatan madding dan ditutup dengan Pasar Murah untuk membantu masyarakat sekitar. Kegiatan yang penuh keakraban ini berlangsung dengan lancar. Setelah selesai semuanya, siswa dan pendamping kembali ke Graha penginapan untuk makan siang, refleksi, upacara penutupan dan persiapan pulang ke Semarang.(Sam)