Pagi itu anak-anak terlihat begitu semangat, ketika ditanya oleh ibu guru “Hari ini mau kemana?”, dengan lantang mereka menjawab “mau ketemu bapak/ibu polisi”. Wow begitu senang dan gembiranya anak-anak TK B Karangturi pada saat itu, karena mereka akan mengikuti kegiatan field trip yaitu mengunjungi dan belajar bersama Bp/Ibu Polisi di Polrestabes Semarang. Dengan mengendarai 2 bis milik sekolah, mereka bergegas menuju ke Polrestabes Semarang dengan didampingi ibu guru, dalam perjalanan anak-anak bersama ibu guru menyanyikan lagu polisi yang akan dipersembahkan nantinya untuk Bp/Ibu Polisi.
Setibanya di Polrestabes, anak-anak disambut oleh Ibu Munifah, salah satu personil polisi dari Polrestabes Semarang, beliau bertugas di bagian BIMNAS, salah satu program dari BINMAS POLRI adalah program Polisi Sahabat Anak. Program ini bertujuan untuk menghilangkan stigma yang melekat pada anggota/personil Polisi, selama ini mereka dianggap menakutkan dan kurang bersahabat dengan anak. “Dengan program PSA (Polisi Sahabat Anak) kami ingin sedikit demi sedikit menghilangkan stigma itu, yang katanya polisi galak, kaku dan kurang bersahabat. Selain itu kami juga ingin perkenalkan ke anak-anak cara berlalu lintas yang baik secara dini, supaya nantinya pada saat mereka besar, mereka tau cara berlalu lintas dengan baik dan benar serta menjadi masyarakat yang sadar hukum” tegasnya.
Kegiatan diawali dengan pengenalan hewan dan satwa yang ada di Polrestabes Semarang, salah satu divisi di bernama K-9. Divisi K-9 memiliki 15 ekor anjing pelacak dan 7 ekor kuda polisi. Anak-anak mulai berinteraksi dan melihat aksi dari salah satu anjing pelacak yang sering digunakan dalam mengungkap kasus Narkoba.
Anak-anak kemudian diajak menuju hanggar, tempat dimana helikopter polisi patroli udara diletakkan, mereka berfoto bersama kapten pilot dan beberapa personil dari tim udara Polrestabes Semarang.
Kegiatan field trip ditutup dengan pengenalan rambu-rambu lalu lintas, keselamatan berlalu lintas dan cara menyeberang dengan baik.
Ibu Ninik salah satu koordinator kegiatan mengatakan “Kegiatan ini rutin diadakan oleh TK Karangturi dengan tujuan mengenalkan anak-anak tentang rambu lalu lintas dan keselamatan lalu lintas di jalan raya”.