Pada tgl 4 sampai 16 April 2011, SMA Karangturi menyelenggarakan kegiatan Student Exchange ke The Kilmore International  School,  Melbourne, Australia dengan memberangkatkan 6 siswa dan didampingi Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Dra. Kristina Hadinugroho,M.Pd.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuka  wawasan, menambah pengetahuan dan pengalaman bagi  siswa tentang  cara pengajaran, pendidikan dan budaya setempat .
Selama di The Kilmore International School, pada hari sekolah para siswa tinggal di asrama sekolah tersebut  dan pada akhir pekan mereka tinggal  di rumah orang tua siswa yang ada di sana.
Adapun selain siswa mengikuti pelajaran di sekolah , siswa juga mengikuti Camp selama 5 hari di Rawson Village dan bergabung dengan 52 siswa,  kegiatan yang dilakukan pada saat  camp antara lain : high ropes, flying fox, canoeing, commando course, memanah juga berkunjung ke penambangan tembaga dan emas.
Banyak pengalaman berharga yang mereka peroleh sekembalinya mereka mengikuti Student Exchange (pertukaran pelajar) ini, selain tambahan pengetahuan, mereka menjalin persahabatan dengan siswa dari negara lain.
Sebagai bentuk kerjasama balasan September 2011 mendatang beberapa siswa dari The Kilmore International School, Melbourne selama 2 minggu akan datang ke Semarang untuk melakukan kegiatan seperti yang siswa-siswi Karangturi lakukan di sana.

Oleh: Ibu Kristina Hadinugroho (Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMA Karangturi)